10 Komposer Musik Paling Jenius Sepanjang Masa

Sabtu, 27 Juli 2019 - 18:53 WIB
10 Komposer Musik Paling Jenius Sepanjang Masa
10 Komposer Musik Paling Jenius Sepanjang Masa
A A A
TERMINOLOGI komposer mengacu kepada orang yang menulis komposisi musik instrumental maupun vokal dalam format solo, duo, trio, quartet, qwintet, sampai orkestra. Menjadi komposer bukanlah pekerjaan mudah. Selain harus bisa menyelaraskan nada menjadi sebuah irama musik bagus, seorang komposer juga harus peka terhadap bunyi not. Dalam sejarah setidaknya ada 10 komposer musik terhebat sepanjang masa. Siapa saja mereka?

1. Johann Sebastian Bach (Jerman)

10 Komposer Musik Paling Jenius Sepanjang Masa


Johann Sebastian Bach (21 Maret 1685 – 28 Juli 1750) adalah seorang komposer Jerman. Karyanya paling terkenal adalah Brandenburg Concerto. Para musikolog membagi seluruh komposisi Bach dalam lima masa, masing-masing komposisi memperlihatkan perbedaan gaya cukup spesifik jika saling dibandingkan tahun pembuatannya. Yang membuat gaya lagu Bach berbeda adalah semua lagu yang dibuatnya ditujukan untuk Tuhan.

2. Wolfgang Amadeus Mozart (Austria)

10 Komposer Musik Paling Jenius Sepanjang Masa


Wolfgang Amadeus Mozart (27 Januari 1756 – 5 Desember 1791) adalah seorang komposer Austria. Ia dianggap sebagai salah satu dari komposer musik klasik Eropa terpenting dan paling terkenal dalam sejarah.

Karya-karyanya (sekitar 700 lagu) termasuk gubahan-gubahan yang secara luas diakui sebagai puncak karya musik simfoni, musik kamar, musik piano, musik opera, dan musik paduan suara. Salah satu karya terbesarnya adalah opera Don Giovanni dan Die Zauberflote.


3. Ludwig van Beethoven (Jerman)

10 Komposer Musik Paling Jenius Sepanjang Masa


Ludwig van Beethoven (17 Desember 1770-26 Maret 1827) adalah seorang komposer musik klasik dari Jerman. Karyanya yang terkenal adalah simfoni kelima dan kesembilan, dan juga lagu piano Fur Elise. Ia dipandang sebagai salah satu komposer terbesar dan merupakan tokoh penting dalam masa peralihan antara Zaman Klasik dan Zaman Romantik.

4. Richard Wagner (Jerman)

10 Komposer Musik Paling Jenius Sepanjang Masa


Wilhelm Richard Wagner (22 Mei 1813 – 13 Februari 1883) adalah seorang komposer berpengaruh Jerman, pakar teori musik, dan penulis, namun paling terkenal melalui karya operanya. Musiknya paling terkenal adalah "Ride of the Valkyries" dari Die Walkure dan "Bridal Chorus" dari Lohengrin.

Wagner juga merupakan seorang tokoh kontroversial karena inovasi musik dan inovasi dramanya. Ia juga seorang pendukung pemikiran-pemikiran anti-semitisme.

5. Franz Schubert (Austria)

10 Komposer Musik Paling Jenius Sepanjang Masa


Franz Schubert (31 Januari 1797-19 November 1828) adalah komposer berkebangsaan Austria. Lagu pertama yang dihasilkan Schubert saat dirinya berusia 17 tahun berjudul Gretchen at the Spinning Whell. Sebelum berusia 20 tahun, ia telah menulis enam simponi.

Secara keseluruhan ia telah menghasilkan sembilan simponi. Dua di antaranya adalah Symphony No. 8 in B minor (simponi nomor 8 dalam nada B minor) yang dikenal dengan judul Unfinished Symphony dan Symphony No. 9 in C minor yang dikenal dengan judul Great Symphony. Ia telah menulis 100 lagu dan menghasilkan hampir 1.000 karya musik.

6. Robert Schumann (Jerman)

10 Komposer Musik Paling Jenius Sepanjang Masa


Robert Schumann (8 Juni 1810–29 Juli 1856) adalah seorang penggubah dan pianis Jerman. Dia dianggap sebagai salah satu dari komposer musik Romantik Eropa terpenting, serta seorang kritikus musik terkenal dalam sejarah. Musiknya menggambarkan sifat romantisme yang sangat pribadi.

7. Frederic Chopin (Polandia)

10 Komposer Musik Paling Jenius Sepanjang Masa


Fryderyk Franciszek Chopin lahir di Zelazowa Wola, dekat Warsawa, Polandia pada 1 Maret 1810. Ayahnya, Nicolas Chopin adalah orang Prancis sedangkan ibunya, Tekla-Justyna Kryzanowka adalah orang Polandia.

Untuk menghindari wajib tentara, pada 1787 Chopin meninggalkan Prancis dan menetap di Polandia. Ia masih berumur tujuh tahun ketika salah satu dari polonaise-nya diterbitkan (Mc Neill, 1998). Pada umur 8 tahun, dia tampil di publik memainkan piano konserto milik Gywortez.

8. Franz Liszt (Hungaria)

10 Komposer Musik Paling Jenius Sepanjang Masa


Franz Liszt (1811 – 31 Juli 1886) adalah seorang komposer kelahiran Hungaria. Liszt menjadi terkenal di seluruh Eropa selama abad ke-19 untuk keahliannya sebagai seorang komposer.

Ia disebut-sebut telah menguasai teknis pianis dari usia dini dan mungkin pianis terbesar sepanjang masa. Ia juga seorang konduktor yang memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan musik klasik modern.

9. Johannes Brahms (Jerman)

10 Komposer Musik Paling Jenius Sepanjang Masa


Johannes Brahms (7 Mei 1833 – 3 April 1897) adalah seorang komposer dan pianis dari Jerman, salah satu musisi utama pada zaman Romantik. Brahms lahir di Hamburg, Jerman, namun kemudian banyak berkarya di Wina, Austria.

Brahms membuat komposisi musik untuk piano, ansambel musik kamar, orkestra simfoni, dan untuk penyanyi serta paduan suara. Salah satu karyanya paling terkenal ialah Wiegenlied, Op. 49 No. 4 ("Lagu Nina Bobo", dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Brahms' Lullaby).

10. Giuseppe Verdi (Italia)

10 Komposer Musik Paling Jenius Sepanjang Masa


Giuseppe Fortunino Francesco Verdi (10 Oktober 1813 – 27 Januari 1901) adalah komposer Italia, terutama opera. Ia adalah anggota paling berpengaruh di Sekolah Opera Italia pada abad ke-19. Karya-karyanya sering dipanggungkan di gedung opera di seluruh dunia dan melampaui batas-batas genre. Misalnya "La donna è mobile" dari Rigoletto, "Va, Pensiero" (Koor dari Budak Ibrani) dari Nabucco, "Libiamo ne 'lieti calici" (The Drinking Song) dari La Traviata dan Triumphal March from Aida.

Sumber: www.listverse.com
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5362 seconds (0.1#10.140)